MENULISLAH MAKA ANDA AKAN ABADI


Menulis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang sudah terbiasa, hanya dalam hitungan tidak lebih dari 15 menit mereka mampu menuangkan apa yang terpikirkan tertuang dalam beberapa halaman. Dan dikata susah, karena banyak yang mengaku merasa kesulitan saat mengungkapkan apa yang terpikirkan, tema ada, gambaran umum juga ada, tapi sesaat setelah memulai menulis, tangan terhenti, moodnya mandeg lagi, dan banyak yang enggan menulis gara-gara ini.
Manfaat Menulis
            Berikut ini adalah beberapa manfaat menulis yang dirangkum menjadi beberapa poin penting :
          1. Sebagai media komunikasi lintas generasi
 Hanyalah melalui tulisan, kita dapat menyampaikan pesan kepada generasi sesudah kita. dan hanya melalui tulisan pula kita dapat mengetahui sejarah para pendahulu kita.                                                       
           2. Salah satu cara mencegah pikun
Menulis menggunakan pulpen atau keyboard sama pentingnya. Menulis akan membantu melatih konsentrasi dan daya ingat. melatih kerja syaraf motorik dan melatih bahasa verbal.
          3. Menyebarkan ilmu pengetahuan
Betapa banyaknya ilmu yang telah tersebar melalui media tulisan. Baik tulisan didalam kertas (hard) atau tulisan-tulisan pada web (soft) .
           4. Sarana belajar yang efektif
"Ilmu adalah ibarat hewan buruan, dan tulisan adalah ibarat tali pengikatnya. oleh karenanya ikatlah hewanburuanmu dengan tali yang kuat"
"Sungguh merugi jika kamu berburu ijang kemudian setelah kijang itu berhasil kamu tangkap, kamu biarkan saja tanpa diikat"
           5. Penilaian
Seringkali seseorang akan dinilai dari kualitas tulisan yang ia buat, baik pengetahuan, emosional, kedewasaan maupun tingkat kecerdasannya.
           6. Sarana menuangkan ekspresi
Keahlian menulis adalah salah satu menuangkan ekspresi yang kita rasakan, dimana kita bisa menuangkannya didalam media berupa hard (kertas,tembok, dsb) atau berupa soft (komputer,web, dsb). Banyak orang mengekspresikan dirinya dalam sebuah novel, cerpen, biografi atau bahkan buku harian/biografi.
        7. Berfungsi sebagai rekaman
Keterampilan menulis juga sangat bermanfaat untuk menuangkan ide-ide dan pengalaman sebagai referensi dimasa depan.Sebagai contohya karya ilmiah harus disajikan dalam bentuk laporan, jurnal, rumus dan sebagainya.

Demikianlah beberapa manfaat menulis yang dirangkum dalam beberapa poin semoga dengan adanya tulisan ini ada manfaatnya bagi pembaca untuk terus memotivasi diri untuk menulis di kemudian hari.

Komentar

Postingan Populer